Info Kuliner

Pelas Palang, Bakwan Jagung Khas Tuban Yang Gurih Pedas

×

Pelas Palang, Bakwan Jagung Khas Tuban Yang Gurih Pedas

Share this article

Di pesisir pantai utara Tuban, ada masakan khas berjulukan pelas palang. Serupa bakwan jagung, tajil ini disukai sebab yaitu rasanya nikmat, gurih, dan pedas!

Pelas yakni tajil yang erat untuk warga Tuban. Salah satu tempat yang banyak menawarkannya ada di Jalan Raya Palang, tempat pesisir pantai utara Tuban.

Di sepanjang jalan banyak ibu-ibu asyik masak dan menjajakan masakan serupa bakwan jagung ini. Hampir tiap warung ramai dikerubuti konsumen. Mereka bahkan rela antre demi mencicipi pelas palang.

ADVERTISEMENT

See also  Resep Mudah Masak Bubur Ayam Sehat Dan Yummy Ala Dr. Zaidul Akbar

 

 

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelas mampu disantap dengan nasi selaku lauk pauk, maupun untuk makanan ringan. Soal rasa dan dosis pedasnya, pembeli mampu meminta sesuai selera. Di daerah lain, pelas kadang disebut bakwan jagung hingga dadar jagung.

Salah satu pedagang gorengan pelas palang ini yaitu Sukanah (58), ketika dikunjungi detikJatim, ia mengaku sudah 17 tahun berdagang di pinggir jalan setiap siang sampai menjelang malam.

“Sampun 17 tahun kulo sadean pelas, nek sakniki dibantu anak soale kerepotan nek piyambakan. Kedah sabar antri nek tumbas ning cepet kok. Sedoyo diolah teng warung mriki (Sudah 17 tahun saya jualan pelas, jikalau kini dibantu anak soalnya kerepotan jikalau sendirian. Sabar jikalau beli soalnya antre namun bakal cepat kok. Semuanya dimasak di warung ini),” tutur Sukanah sambil menggoreng pelas, Jumat (28/4/2023).

See also  Resep Tumis Daging Brokoli, Hidangan Makan Siang Sehat Dan Enak Yang Jadi Favorit Seisi Rumah

Setiap hari, Sukanah dapat menghabiskan 6 sampai 8 kilogram jagung mentah berair untuk dibuat pelas di warungnya. Warung Sukanah ini berhadapan pribadi dengan pantai Utara Tuban.

Memang, tajil pelas palang ini mempunyai rasa yang berlawanan. Tak heran, banyak orang yang memburunya meski jauh dan antre.

See also  Resep Aneka Kreasi Masakan Kembang Kol Enak, Sarapan Sehat Yang Siap Disajikan Untuk Keluarga

“Aku antre sudah nyaris 30 menit, udah 7 orang tadi sebelum aku. Ya memang tabah untuk mampu nikmati pelas pelang ini,” terperinci salah satu pembeli, Puspitasari, asal Bojonegoro.

Untuk per buahnya, pelas palang dijual cuma Rp 1.000. Cukup murah meriah dan pas di saku tentunya. Tertarik menjajal pelas?

 

Leave a Reply