Informasi KesehatanKesehatan

7 Masakan yang Beresiko Naikkan Asam Urat

×

7 Masakan yang Beresiko Naikkan Asam Urat

Share this article
Ilustrasi: Makanan Pemicu Asan Urat

DPNTimes.com – Jika membahas tentang penyakit asam urat, biasanya kita akan langsung menuding jeroan atau kuliner laut selaku penyebabnya. Memang, kedua jenis makanan ini tinggi kandungan purin yang mampu mengakibatkan peningkatan risiko terkena asam urat, tetapi pakar kesehatan menyebut ada beberapa masakan lain yang sering kita konsumsi dan bisa mengakibatkan hadirnya problem kesehatan ini.

Makanan yang Bisa Menyebabkan Asam Urat

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali macam kuliner lainnya yang tanpa disadari juga bisa mengakibatkan peningkatan risiko terkena penyakit asam urat.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menjadikan asam urat dan perlu disingkirkan:

  1. Melinjo

Biji melinjo sering kita dapatkan di olahan kuliner layaknya sup atau sayur asem. Selain itu, olahannya juga mampu dijadikan keripik atau emping. Meski rasanya sedikit pahit, banyak orang yang suka dengan olahan biji melinjo sehingga bisa memakannya dalam jumlah yang banyak.

See also  Tawaran 3 Resep Es Kurma Untuk Buka Puasa, Sehat Dan Enak

Masalahnya ialah bila makan 100 gram saja olahan biji melinjo, kita telah mendapatkan sekitar 100 sampai 150 mg purin. Jumlah ini tentu sungguh tinggi dan mampu menimbulkan penumpukan zat asam urat di dalam tubuh.

Jika kita tergolong sering mengonsumsi olahan biji melinjo ini, maka risiko untuk terkena penyakit asam urat mampu berkembangdengan signifikan.

  1. Kacang Hijau

Sebenarnya, kacang hijau termasuk dalam makanan yang paling baik bagi kesehatan. Selain tinggi protein, kacang hijau juga tinggi kandungan serat yang mau menunjukkan manfaat bagi organ pencernaan.

Sayangnya, mereka yang sudah berusia lanjut atau yang sudah menderita asam urat ternyata sungguh tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Memang, kandungan purin di dalam kacang hijau masih tergolong sedang, bukannya tinggi, tetapi karena rasanya cukup lezat, banyak orang yang mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Jika sampai hal ini terjadi, maka asupan purin bisa menjadi berlebihan dan kesudahannya mempengaruhi risiko terkena penyakit asam urat.

See also  8 Masakan Sehat Dan Nikmat Untuk Turunkan Berat Badan
  1. Kacang Mete

Salah satu makanan ringan yang paling disenangi banyak orang ini ternyata juga mampu menyebarkan risiko penyakit asam urat kalau terlalu sering dimakan.

Apalagi jikalau kacang mete ini dimasak dengan cara digoreng atau ditaburi garam sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Selain kandungan purin di dalamnya yang berada di level sedang, keberadaan garam dan lemak jahat yang timbul sehabis digoreng menciptakan tubuh lebih rentan mengalami peradangan dan peningkatan risiko terkena penyakit asam urat.

  1. Roti Manis

Kebanyakan orang lebih suka dengan roti cantik dibandingkan dengan roti gandum yang lebih sehat. Padahal, selain tinggi kandungan kalori atau gula, bisa jadi roti elok memiliki kandungan purin yang tinggi.

Terlalu sering mengonsumsinya pasti akan meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat dengan signifikan.

  1. Hati Ayam

Hati ayam termasuk dalam jeroan, kuliner penyebab utama penyakit asam urat. Jika hati ayam juga dimasak dengan cara yang tidak sempurna seperti dengan digoreng, diberi tambahan tepung, atau dijadikan olahan santan, tak hanya risiko terkena asam urat yang hendak naik, melainkan juga risiko terkena masalah kolesterol tinggi.

See also  7 Buah Lezat Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
  1. Udang

Meski ukurannya kecil, udang tergolong dalam kuliner dengan kadar purin yang sangat tinggi. Mengonsumsinya terlalu sering pasti mampu meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Bahkan, udang condong tinggi kolesterol sehingga bisa membahayakan kesehatan jantung.

7. Cumi

Cumi juga termasuk dalam kuliner laut yang tinggi kandungan purin sehingga tidak terlampau sering dikonsumsi.

Meski masakan-kuliner ini rasanya lezat, seharusnya kita batasi konsumsinya demi menghalangi hadirnya masalah asam urat.

Leave a Reply