Informasi Kesehatan

7 Buah Lezat Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

×

7 Buah Lezat Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Share this article

DPNTimes – Kebiasaan menerapkan acuan hidup yang kurang sehat seperti sering mengonsumsi kuliner tinggi lemak bisa menciptakan masalah kolesterol tinggi tiba. Masalahnya yaitu, menurunkan kadar kolesterol darah tidaklah semudah meningkatkannya. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada berbagai macam buah-buahan yang mampu kita konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Lezat dan Mudah Didapat

Mengingat kolesterol tinggi bisa mengakibatkan pengaruh kesehatan yang lebih serius mirip aterosklerosis, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke, kita memang harus mempertahankan pola hidup tetap sehat demi menertibkan kadar kolesterol tubuh.

Berikut yaitu beberapa buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah

  1. Alpukat

Alpukat ternyata tergolong dalam buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi layaknya vitamin K, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, serta lemak tak bosan tunggal yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

See also  7 Masakan yang Beresiko Naikkan Asam Urat

Keberadaan lemak sehat di dalam buah ini juga terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  1. Tomat

Tomat yang mampu dijadikan campuran sayuran atau dijadikan jus ini ternyata tinggi kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, kandungan potasium tomat juga sungguh tinggi sehingga mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Rutin mengonsumsinya bisa membantu jantung, kulit, dan mata menjadi lebih sehat.

  1. Apel

Salah satu buah yang paling tinggi manfaat kesehatannya bagi tubuh ini ternyata juga mampu membantu mengatasi dilema kolestetol tinggi. Hal ini disebabkan oeh adanya kandungan serat pektin dan antioksidan berjenis polifenol yang mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat sekaligus membatasi oksidasi yang bisa menimbulkan peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini pasti akan berperan besar dalam menurunkan risiko terkena aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri, serangan jantung, dan stroke.

  1. Jeruk

Buah yang tepat untuk dimakan langsung atau dijadikan jus segar ini ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, lho. Baik itu jeruk biasa, jeruk lemon, jeruk purut, atau jeruk bali bisa menunjukkan faedah kesehatan ini.

See also  15 Penyebab Cepat Lelah dan Cara Mengatasinya

Jeruk ternyata memiliki kandungan hesperidin yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan serat larut pektin dan limonoid juga bisa membantu menangkal datangnya aterosklerosis sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL. Jeruk juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang bisa menangkal stroke.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya lebih diketahui selaku buah yang cocok untuk program diet atau untuk menangani masalah sembelit. Hal ini disebabkan oleh kandungan seratnya yang sangat tinggi. Sebagai berita, US Department of Agriculture (USDA) menyebut satu buah pepaya dengan ukuran 780 gram sudah menawarkan sekitar 14 gram serat. Kandungan ini pasti akan membantu memperlancar pencernaan.

See also  Benarkah Permen Karet yang Tertelan Akan Bertahan di Tubuh Selama 7 Tahun?

Tak disangka, kandungan serat ini juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam badan dengan efektif. Keberadaan kandungan lain seperti likopen dan enzim paraxonase juga bisa mendukung fungsi ini.

  1. Mangga

Buah bagus yang dinantikan-tunggu musimnya oleh banyak orang ini ternyata juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini mampu menyehatkan pembuluh darah sekaligus menangkal penumpukan plak. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga mampu menghalangi kenaikan kadar kolesterol.

  1. Semangka

Buah yang segar ini ternyata bisa menolong menurunkan kadar kolesterol sebab tinggi kandungan likopen, kandungan yang mampu menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Leave a Reply