Informasi Kesehatan

6 Masakan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

×

6 Masakan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Share this article

Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang yaitu kanker. Tak hanya mampu membuat risiko terkena maut dini meningkat, pengidapnya akan mengalami penderitaan yang andal mengenang penyakit ini menggerogoti bagian tubuh. Selain itu, proses pengobatan penyakit ini juga cenderung sungguh berat dan belum tentu bisa menyembuhkannya hingga betul-betul tuntas. Karena alasan inilah sebaiknya kita sebisa mungkin menghalangi kedatangannya.

Berbagai macam masakan yang harus dihindari demi menghalangi kanker

Salah satu cara yang bisa kita lakukan demi membatasi datangnya kanker yakni dengan menerapkan pola makan yang sempurna. Pakar kesehatan menyebut ada berbagai macam kuliner yang ternyata mampu menyebarkan risiko terkena penyakit ini sehingga seharusnya kita hindari.

Berikut ialah kuliner-kuliner tersebut.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda condong digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang yummy dan menyegarkan, apalagi jikalau dihidangkan dalam kondisi hambar. Masalahnya yaitu minuman bersoda termasuk dalam minuman yang paling tidak baik bagi kesehatan.

See also  Air Minum Di Gelas Tidak Ditutup Lama, Seharusnya Jangan Diminum

Kandungan gula di dalam minuman bersoda sangatlah tinggi. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa jenis gula yang ada di dalam minuman ini yaitu sirup jagung yang tinggi kandungan fruktosa. Gula ini sangatlah pekat dan cenderung susah dicerna oleh badan.

Jika kita sering mengonsumsinya, organ pencernaan, khususnya hati akan melakukan pekerjaan dengan sungguh keras demi mengolahnya. Ditambah dengan paparan materi pewarna buatan di dalam minuman ini, maka risiko untuk menjadikan datangnya kanker di organ pencernaan akan meningkat.

  1. Makanan dengan bahan tepung putih

Makanan dari materi tepung putih mirip pasta, roti, dan aneka macam macam kudapan manis bisa dengan mudah kita temui saban hari. Masalahnya adalah di balik kenikmatan makanan-masakan ini, ada kenaikan risiko kanker bila kita terlalu sering mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan tepung putih yang menggunakan beberapa bahan kimia yang berpotensi membuatkan risiko terkena kanker.

See also  7 Faedah Tak Terduga Dari Makan Pisang

Selain itu, tidak mengecewakan banyak kuliner dengan kandungan tepung putih yang tinggi kandungan gula, kandungan yang bisa menjadikan hadirnya peradangan pada tubuh jika terlalu banyak dimakan.

  1. Keripik kentang

Keripik kentang, khususnya yang sudah dikemas dengan aneka macam varian rasa yang menawan ternyata juga mampu berbagi risiko terkena kanker kalau sering disantap, lho. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan lemak trans, bahan pengawet, serta garam di dalamnya.

Selain itu, proses pengerjaan kentang dengan suhu tinggi ternyata juga bisa menyebabkan datangnya kandungan akrilamida. Salah satu kandungan yang bersifat karsinogen atau bisa mengakibatkan datangnya kanker.

See also  15 Cara Mengatasi Bibir Kering (Mudah dan Efektif)
  1. Margarin

Margarin yang sering kita jadikan materi pembuat kudapan manis ternyata juga mampu memajukan risiko terkena kanker. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahannya yang memakai minyak dalam suhu tinggi yang jadinya bisa mengakibatkan hadirnya zat kimia berjenis lycidol serta 3-MCPdare yang bersifat karsinogen atau mampu menimbulkan datangnya kanker.

  1. Popcorn yang dimasak di dalam microwave

Popcorn yang dimasak dengan memakai microwave memang memiliki rasa yang lezat, tetapi pakar kesehatan menyebut kuliner ini sudah mempunyai kandungan zat kimia PFOA yang ialah salah satu bahan bersifat karsinogen. Selain itu, kita juga bisa menemukan bahan kimia lain mirip diacetyl di dalam popcorn ini. Bahan ini juga mampu menyebabkan hadirnya kanker.

  1. Daging merah

Meski tinggi nutrisi, daging merah memang seharusnya kita batasi konsumsinya sebab bisa menyebabkan datangnya banyak sekali macam persoalan kesehatan seperti kanker, obesitas, dan lain-lain jikalau sering dikonsumsi. Bahkan, jikalau kita condong hobi mengonsumsi daging bakar, risiko terkena kanker pankreas mampu naik hingga 60 persen!

 

Leave a Reply