Info Kuliner

Inovatif! Lelaki Ini Manfaatkan Teknologi Ai Untuk Ciptakan SajianFilipina

×

Inovatif! Lelaki Ini Manfaatkan Teknologi Ai Untuk Ciptakan SajianFilipina

Share this article

Dalam suatu unggahan terlihat ada beberapa santapan Filipina yang menggiurkan. Tapi jangan tertipu, santapan ini rupanya hanya artificial intelligence (AI)!

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun menjadi kian canggih. Banyak hal-hal baru dan unik yang diciptakan dari perkembangan teknologi itu. Tidak menutup kemungkinan ini juga menghipnotis dunia masakan.

Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan teknologi berjulukan artificial intelligence atau sering disebut AI. AI yakni salah satu dari ilmu komputer yang mendesain suatu mesin untuk bertingkah menyerupai manusia.

Dengan keutamaan tersebut alhasil banyak orang bikin sebuah karya dengan menggunakan teknologi AI. Seperti gebrakan yang belum usang dibuat oleh seorang developer asal Filipina ini.

Christopher David mengunggah foto yang sudah bikin banyak orang terkejut. Dalam unggahan di Facebook group Midjourney Official, David mengobrol beberapa gambar terkait hidangan-suguhan yang terlihat sangat menggiurkan, lapor nextshark.com (26/04).

See also  Tur Kuliner Unik Untuk Pecinta Makanan di Mana Saja

Pria tersebut pun memberi informasi dalam unggahannya, “Hidangan yang hilang dari Filipina.”

Terlihat jika ada sekitar 7 gambar santapan yang ia siapkan. Setiap santapan punya namanya sendiri. David pun menulis deskripsi yang menerangkan santapan tersebut. Mulai dari nasi ayam, steak daging babi, sup, olahan sayuran, sampai dessert.

Meskipun gambarnya terlihat menyerupai sajian masakan sungguhan, faktanya tidak. Semua santapan ini dibentuk oleh David memakai teknologi AI. Menu-sajian yang disiapkan oleh David memang belum ada sebelumnya. Namun dalam proses pengerjaan, David tetap merujuk terhadap materi-bahan orisinil Filipina dan teknik masak sungguhan.

“Saya meminta AI untuk bikin santapan gres Filipina yang belum ada sebelumnya. Tetapi memakai bahan-bahan Filipina dan teknik masak sungguhan,” lanjut lelaki tersebut.

See also  5 Resep Menu Sahur Enak, Sehat Dan Bikinnya Mudah Cuma 5 Menit Jadi

David juga mengunggah foto-foto santapan ini dalam akun TikToknya. Ia pun sukses menawan perhatian banyak orang dengan jumlah 46.000 orang yang sudah melihatnya.

Hidangan yang diciptakan oleh David terdiri dari Tamalimang Manok yakni ayam yang dimasak dengan saus tomat dan jus calamansi, beberapa rempah yang lain dan disuguhkan di atas nasi panas.

David juga memperkenalkan sajian Pork Limuata yaitu daging pecahan perut babi yang diolah dengan saus tamarin, nanas, dan jahe. Tak lupa laki-laki ini mempersiapkan dessert bernama Kesong Biya yang berisikan lapisan carabao milk cheese, wafer tepung beras yang ditambah aksesori selai mangga. Lalu santapan ini akan disiram dengan saus karamel dan kelapa parut.

 

Kreatif! Pria Ini Manfaatkan Teknologi AI untuk Ciptakan Hidangan Filipina
Adapun santapan berbentukdaging potongan perut babi yang diolah dengan saus. Tapi ini juga cuma AI. Foto: Nextshark.com / via Christopher David

 

See also  Semrawut! Perempuan Ini Ambil Pesanan Angsa Pelanggan Lain Senilai Rp 1Juta

Untuk bikin santapan imajinatif tersebut, David menggunakan energi generator AI Midjourney sekaligus jadwal penghasil text GPT 4 yang berasal dari belakang ChatGPT.

David menandakan bila dirinya dapat memakai GPT-4 untuk bikin acuan nama santapan dari santapan Filipina yang telah ada. Tetapi beberapa sajian punya nama baru yang tidak ada dalam kosa kata bahasa Filipina.

Selain melaksanakan pekerjaan selaku developer, David juga dimengerti yakni seorang foodie. Di akun TikToknya, Ia sering membagikan momen ketika masak di dapur. Atas dasar inilah ia pun tergerak untuk bikin sebuah masakan menggunakan AI. Pria ini juga berencana ingin mengoperasikan AI di dalam dapur rumahnya.

 

Leave a Reply