Info Kuliner

5 Sate Klathak Legendaris Di Yogyakarta, Ada Yang Eksis Semenjak 1960

×

5 Sate Klathak Legendaris Di Yogyakarta, Ada Yang Eksis Semenjak 1960

Share this article

 

Selain gudeg, sate klathak juga populer menjadi santapan khas Yogyakarta. Di warung sate ini, ada sate klathak legendaris yang eksis semenjak tahun 1960.

Berwisata ke Yogyakarta senantiasa mengasyikkan untuk mengisi waktu piknik yang segera berakhir. Selain menikmati panorama alam dan daerah wisatanya, jangan lupa mencicipi masakan-masakan enak khas kota Sultan ini.

Selain gudeg yang populer sejak zaman dulu, di Yogyakarta juga ada olahan sate khas yang dimengerti dengan nama sate klathak. Potongan daging kambingnya ditusukan pada jeruji besi sepeda, bukan bilah bambu menyerupai sate pada umumnya.

ADVERTISEMENT

 

 

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ada beberapa kawasan di Yogyakarta yang populer menyuguhkan sate klathak yang juicy sedapnya melegenda. Bahkan salah satunya ada yang sudah buka sejak 63 tahun silam.

Berikut ini 5 tempat makan sate klathak legendaris di Yogyakarta:

1. Sate Klathak Pak Pong

Tidak hanya bertahan dari generasi ke generasi, konsumen yang datang ke sini juga berasal dari generasi ke generasi. Hidangan berbentuksate, tongseng, tengkleng sampai kepala kambingnya selalu laris dipesan oleh pelanggan.

See also  Diprotes Sebab Dessert Box Kualitasnya Jelek, Bittersweet By NajlaPenjelasan

Bahkan banyak konsumen luar kota yang rela datang jauh-jauh demi mencicipi Sate Klathak Pak Pong. Apalagi bila sate dan aneka macam santapan yang dipesan disantap selagi hangat dengan tambahan nasi putih biar kian membuat kenyang.

Sate Klathak Pak Pong ini berlokasi di Jalan Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. Harga per dosis sate klathak dan santapan lainnya dibanderol mulai dari Rp 22.000an saja.

2. Sate Klathak Pak Bari

Di kawasan Pasar Wonokromo Imogiri Timur, ada warung sate klathak yang kelezatannya dijaga oleh 3 generasi turun temurun. Warung sate klathak ini juga pernah menjadi kawasan shooting Ada Apa dengan Cinta 2.

Sejak ketika itu kian banyak orang yang ingin tau dengan Sate Klathak Pak Bari dan berujung tak mampu lepas dari kelezatannya. Jika tiba ke sini mesti menyiapkan keteguhan extra untuk mengantre.

See also  Kebiasaan Emak-Emak Simpan Masakan Ringan Manis Lebaran, Hingga Anyir Dan Jamuran!

Harga per dosis Sate Klathak Pak Bari mampu dipesan mulai dari Rp 20.000 dengan komposisi dua tusuk sate, nasi putih, kuah gulai dan minumannya. Lokasi sate klathak yang satu ini berada di Pasar Desa Wonokromo Pleret, Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Rekomendasi sate klathak yang lain ada di halaman selanjutnya.

3. Sate Klathak Pangestu

Bagi hadirin tempat Yogyakarta bagian Utara, tak perlu jauh-jauh turun ke Selatan demi makan sate klathak enak. Tak jauh dari Jalan Kaliurang ada warung Sate Klathak Pangestu yang tak kalah terkenal dengan sate klathak enak di tempat Selatan.

Di sini ciri khas sate klathaknya dioles dengan bumbu yang berlimpah sehingga rasa sedapnya menyerap sampai ke bab dalam. Dalam sehari, sate klathak ini mampu menghabiskan minimal 3 ekor kambing untuk menyajikan sate, gulai, tongseng, nasi goreng kambing dan hidangan-sajian lain yang laku dipesan konsumen.

Sate Klathak Pangestu terletak di Jalan Damai No.10, Sinduharjo Ngaglik, Sleman Yogyakarta. Harga per dosis kuliner yang dipersiapkan mampu dipesan mulai dari Rp 23.000an saja.

See also  Resep Sajian Sahur Dari Olahan Ayam Ini Wajib Dicoba, Enak, Sehat, Dijamin Puasa Tambah Semangat

4. Sate Klathak Mak Adi

 

5 Sate Klathak Legendaris di Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak 1960
Foto: Instagram/spesial

 

Legendarisnya warung sate klathak yang satu ini hingga diketahui selaku pencetus sate klathak di tempat Bantul. Ada beberapa sajian sate yang unik ibarat sate goreng, sate bumbu, gulai sampai tongseng yang sayang dilewatkan.

Selain sajian satenya, ada sajian extra berupa krenyos yang yang dibikin dari lemak atau gajih goreng. Jika tiba ke sini harus bersabar mengantre setidaknya 1 jam sampai makananmu disajikan alasannya ialah pelanggannya yang ramai.

Harga per takaran kuliner yang disuguhkan di sini dipatok mulai dari Rp 20.000an. Lokasi Sate Klathak Mak Adi terletak di Jalan Imogiri Timur Km.10, Wonokormo, Pleret, Bantul.

5. Sate Klathak Pak Jupaini

Buka mulai pagi hari sampai tengah malam, Sate Klathak Pak Jupaini menjadi salah satu masakan yang sanggup dirasakan kapan saja. Racikan bumbu yang sepadan antara gurih, elok dan asinnya sukses membangkitkan selera makan konsumen yang tiba ke sini.

Potongan dagingnya yang juga besar-besar menciptakan para konsumen puas sehabis menghabiskan beberapa tusuk saja. Sate klathak ini juga menjadi salah satu yang ramai dikejar konsumen di tempat Pasar Wonokromo Pleret.

Jika ingin mengunjunginya kamu mampu datang ke Jalan Imogiri TImur Km.10, Jejeran, Wonokromo, Yogyakarta. Harga seporsi sate dengan santapan pelengkapnya sanggup dipesan mulai dari Rp 20.000an.

 

Leave a Reply