AlamTravelWisata

Pulau Weh dan Ekosistemnya yang Menawan di Sumatera

×

Pulau Weh dan Ekosistemnya yang Menawan di Sumatera

Share this article

Bumi indah di atas dan di bawah air. Untungnya, teknologi menyelam sudah berkembangsecara dramatis dalam beberapa dekade terakhir dan hari ini kita mampu menyelam dan snorkeling tanpa kehilangan bagian dunia kapal selam yang indah!

Ada banyak daerah menyelam yang bagus dan banyak di antaranya berada di Asia. Sumatra , misalnya, memiliki beberapa. Sumatera Barat yakni bagian dari Indonesia dan Kepulauan Sunda. Di dalam deretan tersebut terdapat suatu pulau vulkanik kecil yang disebut Weh atau juga diketahui selaku Pulau Weh . Gunung berapi tersebut masih aktif dan seseorang mampu meraih pulau tersebut dalam waktu dua jam dengan feri dari Banda Aceh. Justru aktivitas vulkanik yang memisahkan pulau kecil ini dari Sumatera pada era Pleistosen.

See also  Museum Teraneh di Dunia
Pulau Weh
Pulau Weh Paul Boscher

Pulau Weh berada di Laut Andaman dan beribukota Sabang. Terkenal dengan ekosistemnya yang kaya dan terdapat area seluas 60 meter persegi di darat dan di laut sekitar pulau yang telah dinyatakan selaku tempat lindung. Terumbu karang dihuni oleh bermacam-macam dan kekayaan ikan dan disinilah para penyelam tiba. Terumbu karangnya jago, namun yang lebih menawan lagi yakni keragaman kehidupan air dan ikan!

See also  5 Aplikasi Perjalanan Paling Menakjubkan

 

Pulau Weh
Pulau Weh Antoine Vittecoq
Pulau Weh
Pulau Weh Gorka Nelson Artano

 

Tsunami tahun 2004 mensugesti kawasan dan ekosistemnya, namun secepatnya ada acara penanaman kembali bakau yang hancur dan kehidupan kembali. Apalagi di Pulau Weh yang dilindungi ini telah didapatkan tempat yang mempunyai jenis hiu langka yang hanya tercatat sebanyak 21 atau 23 spesimen.

See also  6 Hack Aplikasi Penerbangan Untuk Menemukan Penerbangan Murah

 

Pulau Weh
Pulau Weh Lee Harrison

Orang yang tiba untuk menyelam biasanya berbelanja di sekitar Pantai Gapang yang juga terkenal di golongan backpacker, atau Pantai Anoi Itam yang mempunyai pasir hitam. Pantai berpasir putih itu yaitu Iboih.

Leave a Reply